Sunday, May 29, 2005

Pengalaman programming pertamanku...

Alhamdulillah aku cukup beruntung sudah mempunyai komputer di rumah sejak aku masih kecil Bapak ku dulu pernah beli komputer Apple, tapi itu ga bertahan lama di rumah. Kami pun memiliki sebuah IBM PC XT compatible dengan monitor CGA (4 warna). Aku ga terlalu yakin sudah berapa kali komputer di rumah gonta-ganti, yang jelas dulu sempat punya printer dengan pita warna, merk Epson pula kalo ga salah. Itu sekitar tahun 1986. Aku masih SD kelas 1 waktu itu.

Nah, sewaktu aku sudah SMP, kalo ga keliru kelas 2, saya menemukan sebuah kamus komputer di tumpukan buku di rumah, judulnya "A Computer Dictionary for Kids and Other Beginners"


Sampul bukunya

Nah di dalam buku itu, ada artikel yang berjudul, "How to program inches into bananas". Artikel itu berisi pengalaman seseorang ngajar pemrograman BASIC ke sekolah dasar (atau SMP ya?). Di artikel itu pula ada source code program BASIC yang dia gunakan untuk ngajar itu. Karena di rumah ada komputer, dan kebetulan pula ada disket program yang ada BASIC interpreter, akhirnya aku iseng nyobain ngetik program itu. Artikel itu kutampilkan di sini:


Program pertama yang kuketik ("How to program Inches into Bananas")

Pertama kucoba program itu, rasanya ... mmm ... seneng bgt! Lha gimana, kini aku bisa nyuruh komputer melakukan sesuatu sesuai kehendakku :)

Buat yang baru mengenal komputer di akhir tahun 90-an, mungkin perlu kuceritakan keadaan jaman sebelumnya tuh kayak apa. Tahu ga, bbrp game yg dibuat tahun 80-an didistribusikan dlm bentuk source code bahasa BASIC-nya. Biasanya, di disket itu ada program BASIC, dan untuk menjalankan program dalam bahasa BASIC, interpreter BASIC itu mesti dijalankan dulu. Kalo ga keliru, di command prompt kita ketik a:>basic lalu enter. Lalu untuk menjalankan sebuah program (ekstensi *.BAS), kita ketik perintah LOAD (kalo ga salah), lalu di-RUN. (jangan mbayangkan ada menu apalagi editor window, semua masih di console)

Bermula dari artikel di buku tadi, minatku dan pemahamanku pada pemrograman komputer mulai tumbuh, dan akhirnya skrg itu sdh menjadi bagian dari pekerjaanku :)

Oia, aku jadi ingat. Bbrp teman dulu pernah tanya. Kalo mau belajar programming, enaknya belajar bahasa apa dulu? Err... kalo aku dulu sih pertama belajar BASIC, walopun menurutku C is still my favorite :p

0 Comments:

Post a Comment

<< Home