Wednesday, May 04, 2005

Kekurangan ide?

Jujur aja, selama beberapa hari ini aku dah bolak-balik login ke blogger.com, niatnya sih pengin posting ke blogku. Tapi entah karena kecapekan atau gimana (atau internet yang lambat kali ya :D?) setelah aku login, ga pernah tu aku bisa mulai menulis. Jadi, mmm.... begitulah keadaan ku sekarang ini. Kekurangan ide. :(

Tapi aneh, gara2 kurang ide ini, aku malah dapet ide untuk cerita tentang buku yang kubeli dua minggu lalu "How to Get Ideas" oleh Jack Foster. Buku ini dah diterjemahkan ke bahasa indonesia, dan kayaknya bisa dengan mudah dibeli di toko2 buku kesayangan anda :p Warnanya ungu agak biru, kertas sampulnya agak dof (duh, gimana cara mengeja dof yg bener?). Bukunya ringan dan ga tebal (maaf, ga bisa jadi bantal), dan enak buat dibawa-bawa, maaf... salah, dibaca-baca :)

Nah, Jack Foster ini seorang praktisi senior di bidang periklanan. Selain bikin iklan, dia juga ngajar! Terus kata dia, pernah ada mahasiswa dia yang tanya, "Lho pak, Anda dah nerangkan teori periklanan macem2, terus yang jadi masalah sekarang gimana caranya supaya kita bisa dapet ide yang bagus??". Kira2 begitu deh pertanyaannya, walaupun ga persis seperti itu. Mulailah Jack Foster menulis buku ini dan mempraktekkan ngajar 'kreativitas' kepada murid2nya.

Ok, akan kuceritakan apa yang masih kuingat tentang ajaran pak Foster ini. Yang paling kuingat ada kata-kata begini, (kalo ga salah) "Orang-orang yang serius biasanya ga kreatif." Maaf, kayaknya gak begitu kalimatnya, seingatku kalimatnya lebih menarik, walaupun intinya sama. Jadi, orang yang kondisinya gembira relatif lebih bisa menciptakan ide-ide baru ketimbang yang serius dan kaku. Selain itu, kita TIDAK BOLEH takut merasa salah. Pokoknya kalo ada pendapat atau ide, jangan takut. Kemukakan aja. Dan jangan puas dengan hanya "mengemukakan" ide-mu, lanjutkan dengan aksi. Wujudkan ide mu itu! (percumah juga kan kalo ide bagus ga jadi dilaksanakan?)

Kalo kita merasa buntu, coba kerjakan tugas yang lain. Jack Foster menyarankan supaya kita jangan lantas relax, nonton TV, plesir, dsb. Kita masih harus tetap 'aktif', yaitu dengan mengalihkan konsentrasi / perhatian kita ke masalah yang lain yang mungkin lebih gampang. Siapa tahu ntar malah dapet ilham buat tugas mu yang "buntu" tadi :)

Kombinasikan! Iya, kita harus pinter2 mengkombinasikan. Lha mengkombinasikan apa? Pak Foster bilang itulah pentingnya informasi. Jadi kita mestinya ngumpulin informasi sebuanyak-buanyaknya biar kita punya database informasi yang buanyak - modal untuk proses kombinasi kita nanti :p Bagaimanapun juga, seperti pada sebuah penelitian ilmiah, penciptaan sebuah penemuan atau ide yang baru itu biasanya selalu berasal dari temuan2 terdahulu. Iya kan?

Duh, sekarang dah jam 16.00. Selain udah sore dan PR ku blm juga selesai, mungkin kupotong dulu postinganku sampai disini dulu. Lagi pula, aku belum sempat baca halaman2 terakhir buku itu jadi aku blm berani bikin kesimpulan.

2 Comments:

Blogger nana said...

udah baca aja dulu bukunya sampe tamat. ntar kasih tau ikj yak intinya apa :P

8:15 pm  
Blogger isna "poetra" said...

idem...... :)

2:34 am  

Post a Comment

<< Home