Thursday, March 03, 2005

ADO, query, SQL, BDE, Paradox

Duh puyeng :(

Sudah 10 tahun aku belajar komputer, tapi baru beberapa minggu ini aku mulai mendalami database. Itupun karena 'terpaksa', lha sejak dulu aku memang ga terlalu berminat pada makhluk yang satu ini. Mbuh kenapa :) Mungkin karena istilah-istilahnya susah kali ya? Coba aja liat judul postinganku ini. Beberapa minggu sebelum ini aja aku masih belum ngeh arti kata-kata itu. Itu semua istilah-istilah praktis dari sistem database yang ada sekarang ini di planet bumi kita.

OK, sekarang aku cerita sedikit tentang apa yang kutahu tentang database sampai saat ini.

Sebuah database punya tabel-tabel.

Tiap tabel punya field-field. Anggap aja field = kolom.

Kolom-kolom ini bisa diisi dengan data dengan tipe-tipe data tertentu, yang paling umum adalah tipe text. Ada juga tipe angka, date, time, BLOB! (kepanjangan BLOB apa aku juga belum tahu, setahuku ini untuk data binary)

Satu baris di tabel disebut satu record.

Sebuah database ada yang dibuat untuk dipakai bareng-bareng oleh banyak komputer, ada juga database yang dibuat khusus untuk komputer tempat database itu ditaruh.

Di dunia ini banyak jenis database terkenal yang dibuat, ada Paradox, MS SQL, MS Access, My SQL, dan lain-lain.

Aku sebagai pemula alias rookie di bidang database hanya paham bahwa Paradox adalah database lokal-nya Delphi, dan yang lain-lain itu adalah database yang bisa diakses dari PC lain asal konek ke jaringan.

Dan aku baru tahu kalo untuk mengakses database, kita harus memberi perintah-perintah ke database server (bener ga?), yang lebih lazim disebut query. Ada sebuah bahasa standar untuk ini, namanya SQL (Standard Query Language?).

Oya, ternyata field text database ga mau diisi dengan karakter null (0x00). Alasannya sederhana mungkin. Tampaknya karakter null menandakan akhir dari sebuah string, jadi karakter-karakter di belakangnya diabaikan. Ini sempat bikin aku puyeng kemarin siang.

OK, aku yakin diantara kalian ada yang jago database. Dan kuyakin juga tulisanku di atas ada yang keliru. Mohon dikoreksi !! :D

nb: Buat Binuko, Widodo (Gamatechno), Asfan, Eka, dan Syaiful (TEUGM), terimakasih sudah membantu aku belajar database dengan Delphi :)

3 Comments:

Blogger Widodo Nugroho said...

Hehehe...
Welcome to SQL world...

Kesan pertama:
Irfan is a quick learner ;)

Note :
* SQL : Structured Query Language.
* BLOB: Binary Large Object :)

1:49 pm  
Blogger Irfan said...

Thank you ! :)

9:31 pm  
Blogger isna "poetra" said...

SQL = Sikil.... = Kaki.... :D

12:14 am  

Post a Comment

<< Home