Thursday, April 21, 2005

Tips2 naek transportasi publik (baca:bus) di jakarta

Sebenarnya aku bukan warga jakarta yang udah sejak dulu tinggal di sini. Baru 2 minggu aku di ibukota, tapi rasanya ada beberapa tips yang bisa kusampaikan. Tips2 ini aku dapatkan dari pengalaman dan nasihat teman2ku tentang naek bus kota di kota yang terkenal macet ini :p

1. Kalo bawa HP, jangan ditaruh di saku celana samping. Rawan banget!
2. Kalo bingung mau naik jalur bus berapa, jangan sungkan2 tanya. Kebanyakan orang jakarta=ramah dan kalo mereka ga tahu, mereka akan bilang ga tahu.
3. Naiklah bus/angkot yang ada penumpangnya, jangan yang kosong (kecuali kalo emang semua penumpang lain baru aja turun <-- kasus umum di terminal). Saranku: cari bus/angkot yang masih ada kursi kosong. Caranya? Naek dari seawal mungkin dari trayek bus itu kalo bisa. Misal: di terminal. Tapi kalo di terminal, naeknya kalo bisa yang udah siap berangkat, jadi ga usah nunggu bus nya ngetem lama.
4. Kalo ada jalan/persimpangan yang terkenal macet, jangan sungkan2 turun dari bus dan jalan melewati macet itu, terus disambung naek kendaraan umum lainnya.
5. Ini penting: siapkan uang ribuan di kantong yang mudah diambil. Kalo bisa receh juga. Tarif kopaja/metromini skrg = Rp1.400. Seringkali kalo kita bayar lebih, kembaliannya ga full (jadinya kita bayar Rp1.500), tapi ini wajar ;) Kalo angkot, malah lebih mahal, bervariasi antara Rp1000 - Rp2000 untuk jarak dekat. Bus besar macam PPD / Mayasari yang biasa = Rp1.200 sampai Rp1.600, tergantung jalurnya.
6. Kalo dapet tempat duduk di bus metromini/kopaja, usahakan jangan duduk di bagian belakang kanan, coz pengalamanku bilang di daerah situ kita gampang pusing karena posisi kita dekat dengan knalpot bus (asepnya bung!).
7. Mau nyoba busway? Silakan. Busnya ber-AC, bebas macet, tiketnya: mm..berapa ribu ya lupa :D Sayang bgt, jalur busway saat ini hanya Blok-M sampai kota (blok M, sudirman, semanggi, terus sampai monas, glodok, dst)
8. Kalo mau ke kota pagi hari dari daerah pinggiran, sebaiknya berangkat seawal mungkin, kalo bisa sebelum jam 5.30. Belum macet jam segitu. Oke-lah, jam 6 masih bisa agak cepet, walopun dah mulai macet. Tapi jangan dicoba di hari senin! :p
9. Jangan kaget kalo tiba2 busnya nyuruh semua penumpang turun dan pindah bus, itu biasa. Kadang ada aja sopir bus yang egois dan males kena macet.
10. Berdoalah sebelum bepergian :)

1 Comments:

Blogger Proudpisces said...

Fan..No.10 itu harus nya jadi Nomor satu...heuehue...ya gak siiy?

5:49 pm  

Post a Comment

<< Home