Friday, September 22, 2006

Balik nama STNK... cuma 5 menit!

Heran dan kagum. Begitulah yang kurasakan sore ini tadi di kantor RTA Maroubra.

Percaya tidak? Untuk mengurus balik nama STNK mobil, waktu yang dibutuhkan cuma sekitar 5 menit!

Cerita nya begini. Kemarin saya beli mobil bekas. Mobil pertama saya :)

Setelah transaksi, si penjual (seorang ibu2) mengisi dan menandatangani form di halaman belakang sertifikat registrasi mobil yg kubeli. Anggap saja sertifikat registrasi itu semacam STNK gitu.

Ya sudah, berbekal surat registrasi mobil itu, dan paspor, bank statement letter (bukti alamat), serta menyiapkan uang sekitar $50, maka aku berangkat deh ke RTA yang di Maroubra. Sebelumnya aku sudah membaca syarat2nya di website www.rta.nsw.gov.au.

Di sana, kuambil form transfer of registration, lalu kuisi (mengisi nya sangat mudah dan tidak berbelit2), lalu kutekan tombol di mesin antrian untuk mendapatkan nomor antrian.

Setelah nomerku dipanggil (menunggunya tidak lama, 15 menitan, karena sudah sore mungkin), kudatangi loket, semua dokumen kuserahkan, bapak yang bertugas lantas mengetikkan namaku di komputer dgn 11 jari beliau hehe... lalu gak lama kemudian mengambil paspor dan bank letter ku untuk difotokopi, terus dia ngetik2 lagi, dan tahu2 dia ngasih print2an gitu... yang tak lain tak bukan adalah sertifikat registrasi mobil yg sudah diganti atas namaku!!

Kupikir beliau mau ngasih receipt aja atau gimana, terus nyuruh aku balik lagi besoknya mungkin, tapi ternyata tidak. Wah wah... cepat sekali.

Jadi teringat betapa repotnya dulu ketika aku harus mengurus balik nama mobil dan sepeda motor di Samsat Jogja. Harus pakai KTP penjualnya lah, harus fotokopi ini dan itu berapa kali lah, pokoknya serba repot dan tidak jelas. Sangat jauh berbeda. Apa karena di sini kantor RTA nya banyak sekali ya? Di setiap bbrp suburb ada satu kantor RTA. Sedangkan di Jogja, satu samsat hanya ada untuk satu kota atau kabupaten...

-------
* RTA = Roads and Traffic Authority, NSW (mirip samsat di Indonesia)

2 Comments:

Blogger Endah Retnowati said...

dulu waktu aku dan suami mengajukan ganti label visa (+work permit) juga terkaget2. waktu itu aku daftar OL. di situ udah dijelasin bahwa daftar secara OL butuh waktu 48 jam utk proses. sesuai dg instruksi, hari ke-3 aku datang ke DIMIA, ambil antrian, nunggu kira2 setengah jam kmdn langsung udah dapat label visa yg baru. waktu itu aku cuma disuruh nunjukin paspor aja, padahal ama si Jo Ronalds aku udah dibawain surat sakti (surat pernyataan sbg ausaider).

ups. ceritanya blm selesai. ternyata, labelnya salah. masak suamiku work permit-nya limited. kita minta ganti, dg memberi sedikit memberi penjelasan akhirnya kita disuruh nunggu kira2 15menit, si petugas bilang mau ke level 4 utk menemui siapa mbuh ra dong, intine staf yg levelnya lbh tinggi (aku iya-iya aja, hihi) daaaann.... label berhasil diperbarui.

fyuh... suamiku dulu bikin paspor hijau sampe berdarah2, gak masuk kerja 3x (1 hari utk daftar, 1 hari utk foto, 1 hari utk ambil). untungnya visa diurusin ama ADS, itu pun gak sehari jadi kan... padahal jan2ne gur di print... krek..kreeeek...kreeee....

weleh... kok aku komennya panjang bgt! :D

1:20 am  
Blogger Endah Retnowati said...

ooohh.... malah belum bilang: Selamat ya... mobil bekas tp baru niee.... sepedanya gmn dong? kapan nih ajak kita2 ...

1:21 am  

Post a Comment

<< Home