Thursday, December 17, 2009

Tawaran TA (utk TE dan TI UGM)

IDE JUDUL TUGAS AKHIR
(untuk TE dan TI)

Topik Mikrokontroler
(tersedia 2 SBC Mini2440, bisa dipinjam di lab)

1. Implementasi Klatt Speech Synthesizer pada Single-board Computer ARM Mini2440 dengan sistem operasi Linux/Windows CE untuk pengubah teks ke suara Bahasa Indonesia (TE & TI)
Program pembangkit suara berbasis formant dalam C++ sudah tersedia, pekerjaan yang diperlukan adalah integrasi, dan mem-parsing teks bahasa Indonesia untuk kemudian menghasilkan parameter2 yang dibutuhkan speech synthesizer, dengan intonasi dan nada yang nyaman didengar. Selain itu, program perlu di-porting ke Linux pada target ARM mini2440 yang sudah memiliki sound card. SBC juga sudah memiliki USB port, jadi disambung ke keyboard bukan masalah.

2. Pengembangan Human Machine Interface untuk industri berbasis SBC Mini2440 dengan protokol Modbus dan TCP/IP. (TE dan TI)
Targetnya adalah membuat produk serupa dengan Magelis HMI keluaran Schneider. Karena SBC memiliki layar touch screen dan memiliki port serial dan Ethernet, maka berpotensi untuk dikembangkan menjadi HMI serupa dengan Magelis yang mampu berkomunikasi dengan PLC, dan dapat juga diakses melalui web. SBC yang tersedia adalah Mini2440 dengan OS linux. Pengembangan GUI bisa dengan Qt, KDE, atau Java.

Topik Efisiensi Daya Listrik (Power-efficient Techniques)

3. Studi atau perancangan rangkaian Power MOSFET untuk driver motor dengan penekanan pada efisiensi daya listrik. (TE)
Pada robot Kontes Robot Indonesia dari Tim UGM, permasalahan pada driver motor berupa masalah panas yang sangat berlebih (boros tenaga) dan cepat rusak sering ditemui dalam beberapa tahun terakhir. TA ini bertujuan menganalisis sumber permasalahan secara ilmiah dan detil, serta mencari upaya perbaikannya.

4. Studi atau perancangan rangkaian regulator tegangan berefisiensi daya tinggi dengan sumber tegangan batere / panel surya. (TE)
IC konverter DC-DC sudah banyak ada di pasaran, namun ketersediaannya di toko lokal dirasa kurang. TA ini bertujuan mencari solusi untuk robot-robot KRCI yang konsumsi daya-nya besar namun perlu teg. stabil, misalnya untuk sistem digital (5V) dan servo motor (6V) dengan sumber tegangan baterai 12V. Atau diambil studi kasus lain, yaitu studi pengembangan sistem mikrokontroler bertenaga surya tanpa baterai.

5. Studi atau perancangan rangkaian driver LED dengan efisiensi daya tinggi. (TE)
Penerangan dengan LED sudah banyak dilirik dan dipakai (traffic light, papan informasi, kendaraan). TA ini bertujuan mencari desain driver LED yang baik, terutama dari aspek efisiensi tenaganya. Bisa dikaitkan juga dengan efisiensi daya listrik per kuat intensitas cahaya yang dihasilkan.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home