Saturday, July 02, 2005

Powerpoint: membantu atau mengganggu?

Berapakah di antara kita yang pernah presentasi dengan powerpoint? Hampir semua deh aku yakin :)

Menurut anda, apa yg membuat sebuah presentasi bagus?

-materi yg berguna dan relevan?
-suara dan intonasi yg jelas?
-eye contact & body language?
-manajemen waktu yg baik?
-percaya diri? (gugup adalah wajar:D)
-humor?
-contoh-contoh?
-visual aid? <-- powerpoint??

Untuk presentasi ilmiah atau akademis, menurut saya, penggunaan powerpoint harus dibatasi seminimal mungkin. Mengapa?

Sebuah presentasi powerpoint cenderung membuat orang "terpana" dengan 'wah-nya' atau 'keren-nya' segala animasi teks dan gambar di presentasi itu. Sehingga tak jarang di akhir presentasi, peserta atau pendengarnya tidak dapat mengingat banyak dari presentasi itu, kecuali kerennya animasi powerpoint tadi :)

Powerpoint sendiri asalnya dibuat untuk segmen bisnis dan pemasaran. Powerpoint dapat menjadi alat pemasaran yang sangat baik malahan. Tapi untuk diskusi akademis, mmm... nanti dulu.

Seringkah anda menghadiri presentasi di mana pembicaranya hanya membaca apa yang sudah ditulis di presentasi powerpoint? Pernahkah anda menjumpai presentasi di mana di layar besarnya sudah tertulis dengan lengkap semua hal yang penting dengan panjang lebar, dan tulisan itu pula yang dibaca oleh si pembicara? Menurutmu, apakah itu menarik? Dan yang lebih parah lagi, jujur saja, pernahkah anda menghadiri sebuah presentasi, dimana yang menarik dari presentasi itu hanyalah animasi dan gambar2 powerpoint nya, tidak lebih?

Konsep atau argumentasi pemikiran kita seharusnya bisa disampaikan oleh pembicara dengan kata-kata, TANPA harus dituliskan utuh di layar.

Walaupun demikian, seringkali kita butuh untuk menampilkan gambar2 atau grafik agar presentasi kita lebih bisa dipahami. Dan disinilah letak peranan powerpoint, yaitu menampilkan hal2 penting yang tidak bisa ditampilkan dengan cara lain. Kalau sekedar tulisan, sebenarnya bisa juga kita pakai papan tulis :)

Banyak cara untuk membuat sebuah presentasi bagus, jadi jangan sampai kita merusak presentasi kita sendiri dengan kekonyolan karena penggunaan powerpoint yang tidak wajar dan jelas ;)

Selamat berpresentasi (terutama buat aku yang gampang grogian, dan buat yang mo pendadaran :D)

1 Comments:

Blogger zuki said...

salam kenal ... menurut saya powerpoint sudah bagus, cuma memang penyajiannya bikin orang suka salah kaprah. Animasi misalnya. Boleh tapi harus dibatasi, karena biasanya orang jadi tertarik dengan animasinya, dan bukan content dari presentasi itu sendiri. Tulisan di powerpoint juga seharusnya mengikuti kaidah 7x5 (maksimum 7 kata, maksimum 5 point).

Gambar juga bagus, tapi harus sesederhana mungkin dan hanya menyajikan informasi yang mau kita tampilkan.

just my 2 cents thought .. :-)

10:16 pm  

Post a Comment

<< Home