Monday, January 08, 2007

BDESIGN 1.00: sebuah software kenangan

Setelah tadi pagi iseng membuka2 kembali file lama, sampai harus bongkar2 kantong CD segala, akhirnya kutemukan CD yang berisi dokumen2 berusia hingga 10 thn lebih.

Salah satunya adalah program yang kunamakan Basic Design versi 1.00 (hihi, iya.. versi satu kosong kosong). Waktu itu bahasa pemrograman yang kutahu hanyalah BASIC, dan ... oke singkat saja, inilah cuplikan gambar programnya:



Ini salah satu program "lengkap" pertama yang kubuat... dan menurut tampilan "help" program ini, software jelek itu dibuat sekitar Mei 1996. Lumayan... lumayan lama... Kaget juga si tadi lihat itu... Mei 1996 ... berarti program itu kutulis ketika aku masih SMA kelas 1, mau naik kelas 2. Iya betul. Waktu itu diriku masih belum bisa Pascal.

Fungsinya apa? Program ini mirip seperti program untuk menggambar di layar ponsel, jadi cara menggambarnya dengan menggerakkan kursor ke atas, kiri, bawah, kanan. Tapi jangan salah, waktu itu kalau tidak salah ingat, tanganku belum pernah menyentuh benda bernama HP.

Selain itu, di program ini kita bisa mengganti warna tinta, dan kalau sudah selesai, gambarnya bisa disimpan. Ketik saja "help" untuk daftar perintah yang bisa diketikkan. Semua perintah dimasukkan lewat ketikan, bukan dengan menu yang bisa diklik dgn mouse ... hihi.

Ini file executable nya kalau mau: BDESIGN.ZIP. Sayangnya aku belum nemu source code nya.

Duh, kenapa aku tidak menjadi programmer saja ya? Dan duh... jadi kangen komputer XT yang di rumah di Jogja... sudah rusak tapi.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home