Sunday, December 04, 2005

Berita di Australia

Berita dan opini yang baru 'hangat' di media Australia:

- Van Nguyen, warga Australia asal Vietnam, kemarin dihukum gantung di Singapura karena terbukti membawa hampir setengah kg heroin masuk negara itu. Denger2, dia hanya transit dari Kamboja ke Australia. Dia mengaku berbuat itu karena butuh uang untuk melunaskan hutang adik kembarnya. Banyak sekali warga Australia yang menentang hukuman ini krn dianggep terlalu kejem. Respon warga sini ketika hukuman dilakukan cukup emosional.

- PM John Howard berniat menggolkan UU baru tentang ketenagakerjaan. Byk sekali orang yang protes krn dikhawatirkan hak2 pekerja akan banyak berkurang. Dikhawatirkan keadaan ketenagakerjaan di Australia bisa mundur kembali kalo UU ini gol. Tapi pemimpin oposisi, Kim Beasly, tampaknya setuju2 aja.

- Abu Bakar Baasyir dianggep bertanggung jawab sbg perencana bom bali I, karena itu mereka protes keras ketika beliau hendak diberi remisi.

- Salah satu terowongan di Sydney amblas, mengakibatkan sebuah flat rusak parah. Diduga ada unsur korupsi di proyek itu.

- City cross tunnel yang baru dibuka bbrp bulan lalu, awalnya dianggap membingungkan pengendara. Belakangan, pengguna terowongan makin bingung dgn pentarifan tol. Mereka pikir terowongan adalah sepenuhnya gratis. Yang benar itu, hanya segmen "Sydney Cross Tunnel" yang baru thok yang gratis. Terowongan yang menuju ke situ masih bayar.

- (ini berita basi) Australia krisis air. Warga dilarang mencuci mobil dengan selang. Warga dilarang menyirami taman dgn selang di waktu2 tertentu. Untuk menghindari krisis serupa di masa mendatang, pemerintah kota Sydney berencana membangun desalination plant di daerah Botany Bay.

- Orang2 sini kapok ga mau ke Bali lagi. Dua kali bom sudah cukup keterlaluan.

- University of New South Wales (tempat aku kuliah hihihi) dlm waktu sangat dekat akan membuka UNSW kampus Asia, di Singapura. Sementara khusus untuk fakultas Commerce. (ini berita di kampus aja di, bukan berita nasional)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home