Tuesday, November 15, 2005

inverter oh inverter

buat kalian yang pernah belajar elektronika, msh inget inverter gak? inverter tu gerbang logika yang bila masukannya 1, keluarannya 0. Kalo masukannya 0, keluarannya 1. Jadi selalu dibalik.

Nah dari inverter tu kita bisa bikin gerbang2 lain, yang paling gampang tu misalnya NAND (not AND) dan NOR (not OR). Mmh... sebenarnya bukan dari inverter si, tapi bikin gerbang lainnya tu pasti pakai prinsip yg sama dgn prinsip bikin inverter.

Kita juga bisa membuat XOR, AND, atau OR. Dari situ, bisa juga kita bikin penjumlah 1 bit dengan carry. Dari situ bisa kita kembangkan jadi pengali. Dari NOR tadi, kita bisa bikin flip-flop atau register. Dari register kita bisa bikin memori, bisa juga kita bikin rangkaian kita jadi lebih "cepet" dengan cara dipecah2 jadi stage-stage (alias pipelining).

Dari itu semua, kita gabung2 mbuh gimana susunannya, jadilah sebuah microprocessor atau decoder misalnya :)

Pfff.... tapi kalo dah nguplek dalemannya, ternyata bener2 bikin pusing + stress. Sama stress nya kalo rangkaian di PCB atau breadbord kita gak jalan. Kayaknya S2 ku ini ntar bakalan penuh dengan hari2 menyetresskan :(

4 Comments:

Anonymous Anonymous said...

sabar ya pak.
inverternya S2 ya S2 jg (dibalik horisontal)..
makanya ente ga bisa lari tu dari S2.
huekekekekekekekke...
cuciaannnn deh.

3:39 pm  
Blogger Ilma said...

huehuehue... tuing tuing,
tetep semangat irfan :D

8:37 pm  
Blogger Herman Saksono said...

Scientist nVidia itu berarti ngeri juga ya? :)

2:16 am  
Anonymous Anonymous said...

Kalo bisa sampe Australia maka salah dong kalo invertnya ke Amrik...

10:50 am  

Post a Comment

<< Home