Monday, April 30, 2007

Hobi foto jadi makin menggila


Stasiun nya ramai ya? Astria Nur Irfansyah (c) 2007


Alkisah, sekitar empat bulan yang lalu, mas Anton mengenalkan padaku sebuah website forum penggemar fotografi yg sepertinya cukup populer: www.fotografer.net. Waktu itu, ketertarikanku pada forum ini tidak seberapa besar. Tapi, semuanya berubah ketika mas Awe suatu hari, selepas solat jumat di kampus, tanya ke aku: "Fan, fotografer.net harus bayar ya?"

"Hah??" Sing bener ae, batinku...

Penasaran, kubuka account FN ku yang sebulan lebih tidak kubuka. Ternyata ada aturan bahwa anggota diwajibkan upload minimal 11 foto di bln pertama, dan minimal comment sebanyak 30 buah. Demi mengejar syarat minimal itu, hampir tiap hari deh comment foto orang dan upload foto sendiri... sampai saat ini.

Ternyata dampaknya cukup besar. FN sangat addictive, duh.

Anyway, ada yang menarik dari FN ini. Bagi yang blm tahu, di FN, foto kita akan dinilai anggota lain. Semakin tinggi nilainya, semakin bagus berarti foto nya. Cuma, yang menjadi fenomena hasil pemantuan selama ini adalah, ada beberapa kategori foto yang lumayan dijamin bisa dapat nilai tinggi, asalkan tidak ada cacat teknis lho ya. Yang pertama adalah foto model perempuan. Semakin cakep modelnya, biasanya makin tinggi nilainya. Kedua, adalah foto landscape, terutama yang nightshot atau foto saat senja. Ketiga, foto IR. Lalu, foto macro. Dan, foto olahan digital sangat umum di FN, smp smp orang harus bilang secara explisit seandainya foto nya asli tanpa oldig :-)

Banyak hal yang bisa didapatkan dari FN. Yang paling jelas, kita jadi tahu foto yang digemari banyak orang itu seperti apa. Foto yg bagus itu seperti apa. Cara mengambil foto yang bagus gimana, jadi tambah ngerti.

Foto-foto yg diupload di FN umumnya bagus semua. Dunia ini jadi terasa begitu indah. Banyak objek foto menarik yang sama menariknya seperti kalau kita baca koran, hehe.

Satu hal yang tidak terduga di FN ini, yaitu kita bisa ketemu teman lama! Yup, setidaknya ada 3 teman lama yang sudah kutemukan di FN sini... Dan juga, teman baru dapat juga bbrp, hihi.

Oh, iya. Kebetulan ada satu foto yg entah gimana akhirnya dikasih nilai sama banyak orang, walhasil sempat masuk foto pilihan editor minggu lalu. Fotonya yang kupasang di atas, hehe...

8 Comments:

Blogger Moh Bakhrian Syah said...

Fotonya keren tuh... nge shoot dimana?? Central station ya???

5:21 pm  
Blogger zube said...

fotona mang keren om...

6:50 pm  
Anonymous Anonymous said...

yah, setidaknya addicted to FN berbuah manis... soalnya ada yg addicted to FS, jadinya telantarin kerjaan, maunya ngisi testi muluuu...

2:06 pm  
Blogger ARahmadi said...

walah... aq jadi tersangka utama penyebab Irfan tergila-gila sama FN :)

10:33 pm  
Anonymous Anonymous said...

Wah comments di FN sih banyakan gak murni. You scratch my back and I'll do yours :D

cenderung barter/transaksi komen.
gw sih lebih suka flickr, walau beberapa member mulai mengarah kesana, tapi tidak dominan.

1:15 am  
Blogger mencobahidup said...

fotonya bagus tuh, tambah lagi donk!!!!

10:18 am  
Anonymous Anonymous said...

Salam kenal...Wah foto malam yang indah...boleh tuh maen ke blog saya...

7:21 pm  
Blogger tukangpoto said...

Foto diatas itu emang bagus mbak, stasiunnya terang tapi langit sorenya masih dapet. Salam kenal.

12:49 am  

Post a Comment

<< Home