Thursday, August 04, 2005

culture shock

"Culture shock" yang kualami ketika pindah ke Sydney hampir 2 bln yg lalu setidaknya ada tiga:
1. Bahasa inggrisku masih belepotan jadi susah ngomong :D
2. Susah banget nyari musholla dan makanan halal
3. Temen2ku masih dikit :(

Setelah sering2 ngomong dgn temen2 baru dlm bahasa inggris, culture shock pertama dah ga gitu terasa lagi lah.

Now, let's talk about the 2nd point: musholla + halal food.

Ketika aku tiba di sydney dulu, kebetulan tepat tengah2 winter. Siang bener2 pendek, dan suhu bener2 rendah bahkan untuk standar sydney sekalipun. Rasanya butuh perjuangan berat untuk bangun keluar dari selimut hangat untuk solat subuh jam 5.30 pagi. Magrib pun datang sangat cepat: jam 5.00 dah azan. Kuingat suatu magrib yang cerah waktu itu suhunya sempat cuma 9 derajat celcius, menurut TV. Itu sebulan yang lalu.

Dasar aku + temen2 hobi jalan2, kami sering banget terpaksa solat di jalan (bus, taman, stasiun, trotoar sepi) karena kami masih blm terbiasa dengan waktu sholat di sini :D Selain itu, tidak seperti di indo, kita tu susah banget cari musholla. Masjid pun mbuh dimana aja kami belum apal. Jadi sering banget aku solatnya bener2 mepet hampir abis waktunya. Terus kalo lagi laper, kami pun bingung mesti makan apa. Kentang goreng? Tunggu dulu, itu belum tentu halal coz katanya mereka pakai minyak goreng hewan (baca: babi), bukan minyak sawit. Seandainya nemu warung halal pun, harganya gila-gilaan (setidaknya menurutku waktu itu :p). Bayangkan saudara2, satu porsi nasi goreng bisa sampai $7, atau Rp50 ribu lebih.

Ternyata emang fase "culture shock" buat seseorang yang baru pindah ke lingkungan baru ga bisa dihindari ya? Itu yang kurasakan.

Kini semua rasanya berbeda. Kehidupan terasa mulai normal kembali. Cuaca mulai menghangat. Siang memanjang. Matahari bersinar cukup lama untuk menghangatkan kamar. Baru tadi malam aku berani keluar rumah pakai kemeja lengan pendek. (kalo siang yang panas aku tetep pake lengan panjang coz takut sunburn)

Dan tahu gak? Di dekat tempat tinggalku ada musholla! Bukan, aku ga berbicara tentang musholla kampus yang lumayan jauh dari rumahku itu. I'm talking about a musholla which opens every prayers time, 5 times a day. Walopun azan nya ga kedengaran sampai rumahku (lha ga pake ampli), lumayanlah bisa bikin suasana "senyaman di jogja" :p

Sampai sekarang, masalah makanan halal masih kurasakan agak berat walopun ga seberat dulu. Yang paling memberatkan=halal food relatip lebih susah dicari, dan secara umum harga makanan di sini = mahal. Beberapa temen ada yang bilang, "kalo beli roti, jgn yg ada emulsifier 472e". Katanya, yang itu ga halal. Oh okay, kubilang. Ternyata.... hampir semua roti tawar, kue dalam kemasan, dan snack2 yang dijual di supermarket makai emulsifier itu! Lalu masalah kentang goreng KFC / McD / lain2, kata temen2 itu juga ga boleh karena pake minyak goreng babi. Jadi, karena alasan harga dan kehalalan, terpaksa deh aku belajar masak sendiri...

3 Comments:

Blogger arleynova said...

fan, kuliah di sana pilihanmu jd terjadinya culture shock yg kamu rasakan saat ini kan jg mrpk salah satu pilihanmu. kuharap kamu akan dg cpt beradaptasi dan bisa lbh nyante lagi disana. kan masi ada ardo yg bs km minta pendapatnya soal mak, dia kan hobi makan! hehe..

2:55 pm  
Blogger Irfan said...

mungkin perlu kuperjelas ya. sebenarnya aku ga bener2 ngalami culture shock lha wong aku pernah besar di sini. cuma aku kesulitan nyari makanan halal dan tempat solat. itu aja :)

10:19 pm  
Blogger Herman Saksono said...

Sekedar tips, jangan beli Meat Pie dan dim sum. Karena keduanya jelas gak halal. Whopper-nya Hungry jacks (Burger King), kalau gak salah juga pake babi.

Kalau minyak utk menggoreng French Fries saya rasa pasti menggunakan minyak murni karena minyak babi (dan minyak hewani lain) cepat membuat minyak menjadi jenuh sehingga boros karena harus sering ganti minyak goreng. Cuman, saya kurang tahu apakah french fries itu sendiri sudah melewati proses treatmen yang kemungkinan menggunakan lemak babi.

7:35 pm  

Post a Comment

<< Home