Wednesday, September 14, 2005

Wide Lens photography

Kali ini kita bahas ttg teknik motret pake wide lens. Kalo ga salah, wide lens tu lensa dgn ukuran 35 mm-an. (mbuh, ini tu focal length nya atau apa, i'm not so sure)

Yang jelas, dgn wide lens kita bisa motret dengan pandangan yang SANGAT luas. Ada beberapa kegunaan penting dari lensa ukuran ini:

- motret di dalam ruangan kecil, supaya bisa memperoleh gambar sebanyak2nya dalam satu frame. Misalnya kalo kita pengin foto temen2 kita yg ngumpul byk bgt di dalam ruang tamu yang sesak, kadang kan gak muat dalam satu frame kan? Biasanya kita terus ngapain? Mundur bbrp langkah kan? Nah kalo ruangannya sempit kan mustahil gitu.


- motret pemandangan. Akan sangat bagus kalo pemandangan alam atau kota bisa keliatan luassss... :) Contoh:

Ferry_110_1













Skyline kota Sydney. Detil bangunannya ga jelas, tapi krn awannya kebetulan bagus, jadi ada lah alesan utk pake wide lens :)

(btw, foto ini ta ambil dari atas ferry jurusan circular quay-paramatta senin kemarin krn stress mikirin sepeda ku yang hilang dicuri di kampus)


- motret objek yang dekat dan pengin latar yang keliatan luas. Tahu maksudku kan? Bisa aja kita motret sebuah objek dari jauh dengan di-zoom biar keliatan dekat. Tapi dampaknya ini membuat luas pandangan menyempit, jadi latarnya ga keliatan luas. Sebenarnya mana yg harus dipilih tergantung juga dari apa yg kita inginkan. Yang perlu diingat, motret dengan wide lens membuat foto keliatan terdistorsi bentuknya, jadi aga melengkung. Contoh yang kurang jelas:



Cooper_009_2













Foto ini pakai zoom terkuat kamera ku.



Cooper_008_1












Foto ini pakai wide lens terlebar kamera ku.

Bandingkan kedua foto mini cooper ku di atas (btw, kapan ya bisa punya mini cooper beneran :-?). Di foto yang bawah, botol Aqua (merknya bukan Aqua si sebenarnya) nya keliatan sedikit, sedangkan di foto yg atas, botol sama sekali tidak terlihat. Padahal objek mobilnya relatip ga berubah. Ukurannya tetep. Dan menurutku, ini bukan karena arah kamera yg bawah dinaikkan dikit.

Pesan moral dari artikel ini, kalo mo beli kamera saku yang bisa zoom, pastikan ukuran lensa terkecil nya cukup "wide", misalnya smp 35 mm. Ada bbrp kamera yg minimal nya 38 mm, dan walopun selisihnya dikit, ternyata cukup ngefek. Apalagi ada juga kamera yg hanya bisa smp 45mm, ini malah hampir kayak lensa standar. Setahuku, bbrp kamera saku yg lebih murah daripada normalnya, ternyata dia ga se-wide normalnya. Just trust me, lensa wide itu sama pentingnya dengan lensa zoom yg kuat (bahkan mungkin lebih penting :D)


nb: foto2 di atas dipotret menggunakan canon powershot a75 3.2megapixel

0 Comments:

Post a Comment

<< Home